Berikut ini saya berikan beberapa ciri ciri (berdasarkan pengalaman pribadi) anak ayam yang baik dan merupakan bibit memperoleh ternak ayam baik dan bermutu tinggi, dan berdasarkan analisis saya anak ayam ini tidak akan mudah sakit serta perawatannya tidak akan menyulitkan para peternak sehingga peternak akan memiliki banyak keuntungan dalam perawatan DOC ini :

Ciri - ciri Anak Ayam / DOC Terbaik


Berikut adalah ciri –ciri anak ayam / DOC yang terbaik yang badannya sehat dan normal :

  1. Bentuk badan, anak ayam ini akan berbobot bila dipegang yang dimaksud adalah akan terasa berat dan berisi jika diangkat pakai tangan
  2. Ukuran mata, anakan ayam atau DOC yang sehat tentunya akan memiliki bola mata yang besar dan jernih
  3. Bulu, Bulu bibit anak ayam yang terbaik jika diraba akan terasa halus, selain itutidak ada kotoran yang menempel atau bersih
  4. Paruh, kaki, jari, perhatikan dengan seksama ketiga hal tersebut pastikan tidak ada bagian yang bengkok, atau cacat
  5. Pusar, bagian ini akan terlihat tidak ada infeksi, karena untuk anak ayam yang lemah bagian ini amat rentan.
  6. Kolaka/dubur, yang tidak kalah pentingnya adalah saluran pencernaan anak ayam tersebut yang  bersih dan elastis.
  7. Gerakan, anak ayam terbaik pastinya memiliki gerak yang lincah, walaupun itu ayam negeri sekalipun yang bersifat malas malas, namun ketika DOC tersebut masih muda haruslah terlihat semangat untuk membuktikan diya adalah anakan yang sehat.
  8. Nafsu makan, yang terakhir dan terpenting anakan haruslah memiliki nafsu makan yang baik yang akan mendukung perkembangan kelak ketika tumbuh menjadi dewasa.


Demikianlah sedikit dari saya mengenai  Tips memilih atau Ciri dari Anak Ayam terbaik yang akan menjadi bibit yang unggul dan bagus dan akan menjadi ayam yang baik (lihat ciri ciri ayam yang normal dan sehat pada tulisan ini)
dan tentunya peternak tidak akan menyesal untuk membeli bibit DOC yang ciri-cirinya seperti diatas.

Post a Comment

  1. Semoga Blog ini dapat menjadi lebih baik...

    ReplyDelete

Silahkan komentar disini.

 
Top