Kanibal atau Pemangsa (predator) terhadap teman yang sejenis ternyata tidak hanya terjadi pada ayam dewasa terhadap ayam yang lebih kecil namun terjadi juga sama ayam, ini merupakan sebuah hal biasa dimana ayam sebagai hewan yang mempunyai naluri untuk bertahan hidup tentu akan berusaha mempertahankan hidupnya
, kejadian kanibal pada anak ayam adalah sebuah peristiwa yang jarang terjadi biasanya kanibal akan terjadi pada ayam remaja atau ayam dewasa, namun pada spesies ayam tertentu sering kali predator kecil ini dapat menjadi masalah. Hal ini dikarenakan peristiwa ini akan mengurangi populasi ayam betina, kenapa berkurang karena biasanya anak ayam yang mendominasi adalah ayam jantan. untuk itu dapat saya jelaskan penyebab kanibalisme sebagai berikut ini :


Penyebab Timbulnya Kanibalisme
Berdasarkan pengalaman para peternak ayam bahwa penyebab yang dapat menimbulkan kanibalisme pada anak ayam adalah :
  • Area kandang yang kurang luas atau sempit, 
  • Suhu atau temperatur kandang yang terlalu tinggi / panas, 
  • Defisiensi zat makanan, 
  • Kurangnya tempat atau wadah yang disediakan untuk makan dan tempat minum baik dari segi jumlah maupun luasnya, 
  • Intensitas cahaya yang berlebih terutama pada malam hari yang membuat anak ayam tidak dapat tidur nyenyak, bentuk ransom, sifat peck order, banyak menganggur, 
  • Tidak seragamnya umur anak ayam yang ditempatkan dalam 1 (satu) kandang disinilah pentingnya klasifikasi anak ayam yang sangat perlu dilakukan,
  • Adanya gangguan external seperti parasit atau virus, dan
  • Akibat kekurangan garam, anak ayam perlu juga diberikan garam, yang berfunsi untuk menekan sifat buas ayam yang ada.
kanibal-anak-ayam
Mencegah Kanibal Pada Anak Ayam
Bagi Pe-Hobi Ayam yang memelihara anakan ayam yang ditujukan untuk menghasilkan Ayam Jago tentunya masalah ini bisa menjadi solusi gratis untuk mendapatkan seleksi Jago – Jago terbaik namun lain ceritanya bagi, Pecinta / Peternak Ayam yang bertujuan untuk menghasilkan ayam – ayam indukan / betina yang akan digunakan untuk menjadi petelur tentunya ini adalah bencana karena mereka pada umumnya akan berusaha mengurangi populasi pejantan.  tentunya Ayam yang sehat adalah ayam yang tidak kanibal dan tercukupi pakannya untuk melihat ciri ciri ayam yang sehat lihat tulisan berikut ini Ciri-ciri Ayam Yang Sehat dan Kuat

Bagi yang ingin mengobati luka ayam lihat link berikut :
Mengobati Ayam Yang Terluka
Untuk kasus yang terjadi ini saya mencoba kembali menyajikan bagaimana cara mengurangi atau mengatasi kanibal yang ada pada Anak Ayam tersebut : 
  1. Menyediakan ruang (space) yang cukup lebar sehingga ayam leluasa hidup nyaman, dan apabila ada kemungkinan kanibal ayam bisa menghindar. Apabila ruang terbatas maka ada kandang bisa dikasih alat bertenger untuk mengurangi kepadatan.  
  2. Jumlah tempat makan dan minum harus cukup banyak, sehingga ayam bisa makan secara bersamaan (tidak berebut atau menunggu), efek lain dari jumlah tempat pakan yang banyak adalah ayam akan menjadi berat seragam sehingga nanti waktu masa bertelur produktivitas akan tinggi.  
  3. Lakukan seleksi ambil dan memisahkan serta memindahkan (pada kandang terpisah) ayam kelamin jantan dari betina SEDINI MUNGKIN. Meski baru berumur 2 minggu tapi apabila sudah kelihatan jenis kelamin jantan (dari PIAL / JENGGER yang tumbuh lebih cepat & suara berkokok), maka akan menghindari kematian pada betina, karena jantan lebih dominan dan nakal / mematuk.  
  4. Setelah betina dipisahkan dari jantan maka pada saat umur 45 hari (paling lambat umur 60 hari) Anak Ayam betina dipindah ke kandang koloni BATTERAY GROWER dengan tujuan agar pertumbuhan ayam betina menjadi SERAGAM (uniformity weight bisa lebih dari 85%). Keseragaman berat badan menentukan tinggi puncak persentase (%) produksi telur. (Kalau berat badan menentukan awal produksi telur, kalau keseragaman menentukan persentase tinggi  puncak produksi telur).  
  5. Untuk penerangangunakan penerangan yang ideal  dan penerangan usahakan disebar di beberapa sisi kandang hal ini dimaksudkan supaya anak ayam tidak terlalu berkumpul disatu titil (spot) untuk menghangatkan diri, akibat kedinginan, untuk permasalahan yang satu ini perhatikan kembali tulisan saya berikut ini Yang perlu diperhatikan agar anak ayam tidak kedinginan. 
  6. Yang terahkir adalah Lakukan Pemotongan Paruh Anak Ayam atau Debeaking, untuk cara melakukannya akan saya buat tulisannya di post lain
Demikianlah beberapa hal yang dapat saya bagikan tentang bagaimana perawatan anak ayam yang baik yaitu tentang mencegah kanibal pada anak ayam, untuk menghasilkan kualitas anak ayam yang baik untuk menghasilkan Peternakan Ayam yang menguntungkan, semoga berguna bagi teman-teman semua.

Post a Comment

Silahkan komentar disini.

 
Top