Anak Ayam atau Day Old Chick sering disingkat menjadi DOC adalah bisnis yang sangat menjanjikan (baca => Proyeksi Bisnis Ternak Anak Ayam) Oleh karena itu, kita wajib memberi perhatian lebih terhadap ternak anak ayam yang berada pada waktu yang rentan ini, terutama yang mempunyai jangka waktu umur dua minggu dari menetasnya telur ayam. Kenapa saya bilang waktu ini sangat menentukan karena jika dari awal pola pemeliharaannya kurang benar, maka bobot badan pada minggu ke-1 yang seharusnya target minimal pertumbuhan 4 kali bobot badan anak ayam tidak akan tercapai dan kelanjutan Ternak Anak Ayam (pada umur 1 - 14 hari) akan mengalami kegagalan karena DOC atau Anak Ayam yang kita rawat mengalami gejala - gejala seperti berikut :
  • DOC bobot badannya tidak rata / seragam 
  • DOC bobot badannya di bawah standard yang diinginkan 
  • DOC memiliki kualitas hidup yang Lemah
7 Hari Anak Ayam
Menetasnya Anak Ayam

Oleh Sebab itu, perawatan terhadap anak ayam yang baru kita peroleh (beli) perlu lebih ditingkatkan terutama di umur - umur awal. Berikut ini saya coba berikan tips sederhana untuk merawat Anak Ayam yang berumur 0 - 14 hari, tindakan pertama kali ini dimaksudkan agar anda mendapatkan bibit ayam yang bagus dan jika anda jual harganya akan bagus pula :
  1. Berikan air yang diberikan gula 2,5% pada hari pertama.
  2. Pemberian Multivitamin + anti-stress + asam amino, diusahakan diberikan selama 7 (tujuh) hari berturut-turut.
  3. Pada umur 7 (tujuh) hari pertama, berikan selalu air minum yang sudah direbus dulu sampai mendidih minimal waktu persebusan 10 (sepuluh) menit.
  4. Berikan pakan/makanan pre-starter, selama 14 (empat belas) hari berturut-turut, Jangan dicampur dengan makanan lain. 
  5. Untuk Suhu untuk memanaskan suhu kandang yang diberikan pada anak ayam umur 1 - 3 hari adalah 33 - 35*c, cek kembali suhu tubuh anak ayam seharusnya 40* , dan kemudian untuk umur 4 -7 hari tidak kurang dari 30 - 32*c untuk mengetahui berapa suhu yang ideal agar anak ayam tumbuh sesuai target yang diinginkan lihat tulisan berikut ini Suhu Kandang untuk Anak Ayam . 
  6. 12 (duabelas) jam setelah anak ayam dibongkar dari box pembelian, semua anak ayam harus sudah makan. Jika kondisi ini belum tercapai, tempat pakan harus teman – teman ganti dengan yang bersih dan steril, sebanyak 3 (tiga) kali sehari.
  7. Pemberian pakan diberikan sedikit-sedikit tapi frekuensinya harus sering, tiap 2 (dua) jam, jenis-jenis pakan yang dapat diberikan pada ayam dan cara membuatnya telah saya buat pada tulisan berikut ini Ransum untuk Anak Ayam. 
  8. Pada umur 1 – 7 hari, berikan penerangan yang cukup untuk anak ayam dengan lampu pijar dan dosisnya harus cukup, 20 – 40 lux, minimal 17 jam per hari supaya anak ayam bisa mengenal lingkungan, pakan dan air dengan baik
Diatas adalah sedikit cara yang dapat saya berikan kepada teman-teman tentang bagaimana perawatan anak ayam yang baru menetas sampai dengan umur 7 (tujuh) hari, semoga dengan tulisan ini teman – teman peternak mendapatkan bibit anak ayam yang memiliki kualitas bagus dan dapat membangun bisnis peternakannya dengan baik dan berhasil.

Post a Comment

Silahkan komentar disini.

 
Top