Anak Ayam amat rentan perubahan cuaca terutama cuaca dingin ini, Apalagi di bulan - bulan penulis buat tulisan ini, suasananya brrrr... dingin. Hujan dan Banjir dimana - mana, tentunya cuaca ini berpengaruh sekali pada anak ayam yang kita rawat hal ini dikarenakan bulu-bulu yang ada pada anak ayam belum tumbuh sempurna, karena memang umurnya relatif masih muda sekali
berikut ini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya dalam memisah anak ayam di cuaca dingin/hujan dan juga apa yang saya perbuat agar anak ayam yang saya rawat tidak mengalami kedinginan (untuk ciri- ciri anak ayam yang kedinginan klik => Ciri - ciri Anak ayam Kedinginan) dan akhirnya dapat mengalami kematian  :

Pemilihan Kandang Untuk Anak Ayam

Tempat atau Kandang anak ayam usahakan jangan ada yang terbuka atau bisa juga dibuat dari kardus yang dilapisi dengan sterefoam, jika tidak ada bahan yang seperti saya sebutkan dapat menggunakan karung beras yang terbuat dari kain  untuk menutupi kandang dengan rapat.

Suhu Kandang potensial untuk Anak

Beri lampu pijar dengan jarak setinggi badan anak ayam perlu diperhatikan pemilihan Watt pada bola lampu harus disesuaikan dengan jumlah anak ayam dan jangan terlalu kecil dan jangan juga terlalu besar jika anak ayam banyak dapat diberikan lampu 2 (dua) atau 3 (tiga) buah lampu agar anak ayam tidak terlalu bergeombol pada satu titik saja Hal ini dapat menyebabkan ayam akan saling injak untuk menghangatkan dirinya.

Air Minum untuk Anak Ayam

Dimasa dingin ini kurangi pemberian air minum, selain itu air minum yang kita berikan dapat berupa minuman air putih hangat yang diberi gula/marimas secukupnya.


Ayam Kedinginan
Ayam Kedinginan

Demikianlah Tips untuk anak ayam agar mereka tidak kedinginan yang dapat saya berikan semoga tips ini dapat bermanfaat bagi teman - teman pecinta anak ayam di musim penghujan, selamat mencoba.
Terimakasih

Post a Comment

Silahkan komentar disini.

 
Top