Yang dibutuhkan untuk Beternak Anak Ayam
Modal Untuk Ternak Ayam


Lanjut Lagi buat anda yang ingin membahas lebih dalam untuk beternak ayam khususnya untuk anak ayam, kali ini saya akan coba membahas pada apa saja yang dibutuhkan dalam aktivitas beternak anak ayam ini [termasuk yang diternakkan].

Dimana yang dibutuhkan ini berarti juga merupakan Modal Usaha yang dibutuhkan.
Untuk membangun ternak anak ayam dibutuhkan permodalan, permodalan ini terdiri dua macam modal yang digunakan, yaitu Modal Lancar dan Modal Tetap. Berikut ini saya coba jeaskan jenis modal yang dibuthkan baik itu Modal Lancar ataupun Modal Tetap.

I. Modal Lancar.
Apa saja yang termasuk dan yang dibutuhkan sebagai modal jenis ini adalah :
  1. Bibit Anak Ayam yang umuran tergantung pesanan sesuai keinginan Calon peternak. 
  2. Pakan stater, biasa disebut Pakan Awal yang digunakan untuk pembesaran anak ayam sebelum 21 hari
  3. Pakan layer. Dipakai setelah lepas masa pembesaran. (setelah umur 21 hari) Ada juga yang memberi istilah dengan pakan tambahan
  4. Vitamin untuk menguatkan, obat - obatan maupun vaksin agar daya tahananak ayam kuat terhadap penyakit.
II. Modal tetap.
Apa yang dibutuhkan dalam ternak anak ini yang bersifat tetap biasanya digunakan untuk sarana prasarana fisik peternak termasuk juga peralatan. Antara lain:
  1. Kandang pembesaran. Biasa disebut juga dengan box, tentunya jika kita membeli bibit anak ayam langsung dimasukkan ke kandang ini dan biasanya digunakan dengan sistem box atau juga menggunakan teknik kandang bertingkat, tentu yang dibutuhkan adalah kandang pembesaran model tingkat, hal ini tergantung selera anda. Termasuk disini yang perlu disiapkan adalah ; sekam (alas kandang), wadah pakan, minum. 
  2. Rumah induk. Rumah induk ini juga merupakan kandangnya kandang anak ayam. Di dalam rumah induk inilah kandang untuk menetaskan telur ditempatkan. Bahkan kandang ini bisa diseting untuk ruang penempatan pakan, telur dan obat-obatan.
  3. Jalur listrik dan pengairan. Ini merupakan fasilitas pokok yang juga harus disediakan dalam beternak anak ayam.
  4. Jika perlu anda dapat membuat tampungan kotoran yang rapat semacam septik tank (untuk jangka waktu lama). Kecuali apabila kotoran anak ayam langsung dibuang jauh dan aman alias tidak mengganggu pemukiman.. Sebab pengelolaan pembuangan kotoran yang kurang tepat, bisa menjadi sumber bau yang sangat menyengat. Apalagi kalau sampai basah atau kena air
Untuk lebih jelas apa saja yang dibutuhkan dalam membangun bisnis peternakan Ayam lihat tulisan berikut ini :
Analisa Bisnis Peternakan Ayam
Itu saja yang dapat saya berikan untuk Tips awal Merawat Anak ayam Barangkali ada tambahan dari teman – teman silahkan komentarnya. terimakasih.

Post a Comment

Silahkan komentar disini.

 
Top