Kandang Ayam adalah tempat hidup untuk anak ayam hal ini penting untuk diperhatikan dan yang utama terkait dengan kandang ayam ini adalah kandang ayam perlu disesuaikan dengan kebutuhan anak ayam sendiri. Untuk jumlah ayam yang sedikit yang usia di bawah 20 hari kandang dapat berupa Box (bisa menggunakan kardus bekas biasanya terbuat dari kertas), yang tertutup rapat bagian samping.
 Bagian bawah bisa dibuatkan dengan kawat besi/ram (strimin) untuk menjaga higienitas Anak Ayam, namun jika tidak punya material dapat dilapisi koran pada malam hari.


kandang anak ayam
Kandang untuk anak ayam
Kepadatan anak ayam pada kandang box ini diusahakan box berukuran 1 x 1 m dapat diisi sebanyak 40 -45 ekor anak ayam, semakin besar ukuran ayam kepadatan kandang perlu kita dikurangi, hal ini untuk menghindari kandang yang terlalu penuh bisa membuat membuat peternakan anak ayam yang anda bangun akan goyah yang disebabkan oleh :

  1. Kondisi anak ayam kurang sehat, sehingga gampa/rentan terserang penyakit,  
  2. Pertumbuhan yang tidak merata, penyebab dari pertumbuhan yang tidak merata ini adalah anak ayam yang kalah makan dibandingka anak ayam lainnya sehingga cenderung lebih lambat pertumbuhannya. untuk mengatasi masalah ini pisahkan anak ayam yang cenderung kalah makan dan buatkan pada kandang tersendiri. 
  3. Selain itu kandang yang padat juga membuat anak ayam akan saling menyerang atau kanibal, untuk penjelasan kanibal pada anak ayam Breeder dapat melihat tulisan saya berikut ini >> Penyebab Kanibalime Pada Anak Ayam.

Makanan yang diberikan pada anakan ayam pada prinsipnya adalah makanan yang memiliki protein cukup tinggi. Karena fase ini adalah fase pertumbuhan, untuk makanan buatan pabrik biasanya diberikan BR1. Bisa juga diberikan menir (pecahan beras), jika tidak mau menggunakan makanan pabrik namun pertumbuhan akan lebih cepat dengan BR1. Makanan untuk anak ayam kampung usia 21 hari tidak perlu diberikan campuran apapun. Namun, setelah usia 21 hari makanannya bisa diberikan campuran makanan lain, misalnya jagung giling, dedak, nasi dan lain sebagainya.

Sebagai tambahan untuk peternak ayam, perhatikan hal berikut jika ingin membuat kandang ayam :
Apa Yang Harus Diperhatikan Dalam Membangun Kandang Ayam



Berikut ini saya coba sajikan kebutuhan makanan untuk anak ayam kampung berdasarkan umur nya sebagai berikut : 

  • 7 gram/per hari sampai umur 1 minggu.
  • 19 gram/per hari sampai umur 2 minggu.
  • 34 gram/per hari sampai umur 3 minggu.
  • 47 gram/per hari sampai umur 4 minggu.
  • 58 gram/per hari sampai umur 5 minggu. 
  • 66 gram/per hari sampai umur 6 minggu.  
  • 72 gram/per hari sampai umur 7 minggu.
  • 74 gram/per hari sampai umur 8 minggu

Memelihara anak ayam yang sehat dan cepat besar merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan sekaligus dapat memberikan kita kepuasan tersendiri. Meski itu hanya hobi dan sebagai pengisi waktu luang, namun jika budidaya ini berhasil tentu hasilnya akan lebih menggembirakan. 


Semoga Tulisan tentang Kandang dan Makanan untuk Budidaya Anak Ayam ini dapat bermanfaat bagi teman – teman yang suka dengan anak ayam.
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

Post a Comment

Silahkan komentar disini.

 
Top