Banyak bahan makanan yang tersedia, yang dapat digunakan untuk bahan makanan ayam, seperti, Jagung, Bungkil Kacang Kedelai, Tepung Ikan, Tepung Darah dan bahan-bahan lainnya, bahan-bahan ini sudah pernah saya bahas, bagi teman yang ingin mengetahui bahan makanan apa saja yang dapat dipakai untuk pakan untuk anak ayam, dapat melihat nya pada tulisan ini.

Bahan makanan yang dapat dijadikan Pakan untuk Anak Ayam
Kali ini saya akan membahas bagaimana memilih bahan makanan tersebut.

Ada beberapa syarat yang harus dibenuhi dalam memilih pakan untuk anak ayam, bahan-bahan yang akan digunakan sebagai ransum harus dipilih dari bahan-bahan yang berkualitas dan bermutu. Berikut syarat-syarat bahan makanan yang baik untuk anak ayam  :
 
Pakan Berkualitas Untuk Ayam
Pakan Berkualitas Untuk Ayam
 
Berkualitas bagus.
Pemilihan bahan makanan yang mempunyai kualiatas bagus tentunya  akan mendongkrak dengan cepat pertumbuhan anak ayam, sesuai target yang diinginkan.
Tak berjamur ataupun berdebu,
Salah satu Ciri utama bahan yang memenuhi syarat selanjutnya adalah bahan tersebut tidak berjamur dan tidak berdebu, pemakaian bahan ini kan berpeotensi menyebabkan anak ayam mudah terserang penyakit.
Bahan tergiling halus,
Bahan yang sifanta halu / tergiling dengan halus dimaksudkan agar anak ayam tidak hanya memilih biji-bijian yang mengenyangkan dan enak saja dan meninggalkan konsentratnya yang justru sangat berguna untuk perkembangan DOC / anak ayam.
Bahan makanan yang baru,
Bahan-bahan yang akan kita gunakan hendaknya harus dalam keadaan fresh (baru), sebab bahan yang telah lama tersimpan zat-zatnya yang terkandung di dalamnya telah rusak atau menjadi tengik dan tak enak.
Bahan yang tidak banyak mengandung serat kasar.
Kandungan serat yang berlebihan pada bahan makanan sebenarnya tidak akan terlalu berpengaruh pada metabolisme ayam, namun pada anak ayam yang sistem pencernaannya belum sempurna, bahan makanan yang banyak mengandung serat kasar akan sulit dicerna, hal ini berdampak terhadap terganggunya pencernaan pada anak ayam.
Bahan Makanan yang kandungan garamnya tinggi
Bahan makanan yang banyak mengandung garam (NaC1) seperti ikan asin, akan bisa mengakibatkan anak ayam keracunan. keracunan ini bisa dapat langsung diamati pada anak ayam, yang mengalami gejala- gejala seperti berikut ini,:
- Napsu makannya turun
- Paralyse (lumpuh)
- Banyak minum
- Mencret / Kotoran Cair
- Pernapasan terganggu./ sesak nafas
Bahan Makanan yang banyak mengandung zat lemak,
Zat Lemak adalah salah satu kandungan bahan makanan  yang harus kita perhatikan, karena bahan makanan ini akan mengakibat­kan ayam menjadi terlampau gemuk, sehingga produksi merosot aki­bat tertimbunnya lemak pada alat reproduksi.
Pencampuran Bahan yang tak perlu.
Para peternak juga harus berhati-hati terhadap pemalsuan bahan makanan. Namun yang tidak kalah penting adalah bahan makanan yang dicampur dengan bahan makanan yang tidak berguna dan tidak bermutu atau bahan yang sama sekali tak berguna bagi ayam, misalnya:
- Tepung ikan dicampur dengan dedak, sisik, tulang sirip.
- Bungkil kacang dicampur bulgur; dan bungkil kedelai dengan tanah.
- Jagung dicampur dengan dedaknya, atau jagung kuning dicampur dengan jagung putih.
- Tepung kerang dicampur dengan batu-batuan kecil.
- C.S.M. (Corn Soybean Milk) dicampur tepung gaplek.
- Bekatuldicampur dengan sekam halus dll.

Demikianlah tulisan yang saya buat kali ini mengenai Syarat Bahan Makanan yang Berkualitas untuk Anak Ayam yang saya rangkum buat peternak, mudah-mudahan tulisan tentang tulisan kali ini ini dapat berguna.

sumber tulisan : Pedoman Beternak Ayam Negeri (AAK : 1982).
 
Top