Dalam peternakan ayam, penggunaan pakan untuk ternak biasanya akan menghabiskan sekitar 60 persen dari total biaya yang dikeluarkan, sehingga jika kita dapat membuat bahan makanan sendiri untuk anak ayam kita tentunya hal ini akan menghemat ongkos produksi yang kita keluarkan. Untuk melihat berbagai macam bahan yang dapat digunakan untuk pakan pada anak ayam, telah saya jelaskan pada tulisan berikut :


Salah satu bahan makanan yang dibahas pada tulisan tersebut adalah daun turi yang akan kita buat menjadi
tepung. Pohon turi yang memiliki nama latin sesbania grandiflora ini banyak ditanam oleh petani, biasanya ditanam di guludan-guludan sawah dan dipinggir jalanan sawah sebagai pohon peneduh.
pakan untuk ayam

Tepung daun turi merupakan sumber serat kasar. Tepung ini sa­ngat baik digunakan sebagai bahan campuran pakan ternak unggas petelur. dan juga kandungan kadar serat kasar dalam jumlah tertentu dapat mengurangi kadar kolesterol dalam telur yang diha­silkan.

Tepung daun turi dibuat dengan cara yang sangat sederhana, yaitu dengan cara sebagai berikut :

  • Daun turi dicuci terlebih dahulu kemudian dijemur dibawah terik matahari sampai kering.
  • Daun turi yang telah kering tersebut, kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk biasa menggunakan alu atau dapat digiling menggunakan mesin penggiling,
  • Untuk mendapatkan tepung daun turi hal terakhir yang dilakukan adalah mengayak daun yang sudah digiling halus, sehingga didapatkan tepung yang halus.

Sebagai bahan pakan ternak manfaat lain yang didapatkan dari menggunakan tepung daun turi ini adalah ayam akan lebih tahan terhadap beberapa penyakit dinataranya, mencret, berak darah, akan mempercepat proses penyembuhan luka pada ayam dan dapat mengobati radang yang terjadi pada organ dalam ayam. Dan juga bagi peternak yang khusus beternak ayam petelur, penambahan tepung daun turi pada pakan akan berpengaruh terhadap warna kuning telur yang semakin baik.

Setiap gram tepung yang dihasilkan dari daun Turi banyak mengandung protein yang tinggi dan berkualitas dengan komposisi protein yang terkandung untuk Daun turi yang berbunga merah mengandung kadar protein kasar sekitar 31,68%, sedangkan daun turi yang berbunga putih mengandung kadar protein kasar 40,62% dan juga kandungan serat kasar yang rendah dibawah 18 %. Namun demikian daun turi memiliki kandungan zat anti nutrisi yaitu saponin dan tanin, sehingga untuk penggunaan pakan ternak harus diperhatikan intensitasnya agar tidak terlalu berlebihan, sekitar 5 % dari total pemberian pakan.

Turi Pakan Ayam
Pohon Turi
Mudah-mudahan cara membuat pakan ayam dari daun turi ini dapat berguna bagi peternak ayam tradisional untuk menghemat ongkos produksi dan juga dapat digunakan sebagai variasi bahan makanan yang digunakan.

Post a Comment

Silahkan komentar disini.

 
Top