Adakalanya Anak Ayam yang kita pelihara, mengalami gejala sakit, ataupun kurang bergairah, selain ada sebabnya tentunya ayam tersebut jika dibiarkan terus dan menerus tanpa penanganan yang benar lama kelamaan anak ayam tersebut akan mengalami kematian, biasanya para pecinta Ayam akan memberikan obat untuk ayamnya namun obat-obatan yang dapat dibeli di Toko Pakan Ayam tersebut dapat dibeli jika kita mempunyai uang, Namun bagaimana jika peternak tidak punya Uang. 

Berikut ini akan saya coba berikan alternatif lain selain obat – obatan yang bersifat kimia yang Murah, Alami, dan Mudah dalam proses pemberiannya untuk khasiat Ramuan ini untuk hal-hal tertentu sering lebih ampuh / tokcer daripada obat-obat kimia.   Bukan hanya untuk mencegah penyakit, Namun Ramuan herbal tersebut juga bisa menyembuhkan penyakit, walaupun persentasenya masih 50%.
  1. Obat herbal Untuk Penyakit Tetelo pada Anak Ayam adalah kunyit putih, sambiloto, sirih merah, temu kunci, dan dapat ditambahkan sirih hijau, daun brotowali/antawali, daun pepaya, kunyit, temu lawak, bawang putih, dll.  dua jenis ramuan obat herbal yang pernah dicoba, yaitu, pertama campuran kunyit putih, sambiloto dan temu kunci, atau ramuan kedua yaitu kunyit putih, temu kunci, sirih hijau, kunyit biasa, daun pepaya dapat mencegah dan mengobati penyakit tetelo.  Ramuan tersebut tidak hanya untuk penyakit tetapi membuat ayam bangkok bersemangat dan bergairah, nafsu makan tinggi, dan selalu sehat, yang akibatnya ayam cepat besar walaupun makanannya lebih banyak dedak daripada pur.  Jadi memang benar bahwa ramuan obat tradisional tersebut juga berguna untuk efisiensi pakan. 
  2. Untuk luka luar sehabis tarung atau bekas bubul di kaki sangat cepat diobati dengan kunyit atau cabe besar merah atau cabe rawit yang merah.  Kunyit dan cabe tersebut juga bisa dicampur.  Untuk luka luar cabe dan kunyit tersebut memang lebih ampuh daripada obat kimia. 
Pada Tulisan sebelumnya TERNAK ANAK AYAM pernah membahas obat untuk menyembuhkan Penyakit SNOT / Flu pada ayam => Penyembuhan Penyakit SNOT / Pilek Pada Ayam

Tentunya masih banyak lagi ramuan tradisional yang dapat digunakan dan tentunya akan membuat ayam lebih sehat karena penggunaan ramuan ini secara organik / tradisional.  Jika tadinya lebih percaya obat kimia antibiotik, maka setelah mencoba obat tradisional tersebut maka akan semakin yakin menggunakan obat tradisional dari tanaman obat.
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

Silahkan komentar disini.

 
Top