Dalam memulai usaha peternakan ayam, ada beberapa hal yang penting diketahui oleh peternak, yaitu tentang jenis-jenis dan contoh dari jenis penyakit yang menyerang ayam, untuk penyebab terjadinya penyakit ini sudah pernah dibahas pada tulisan
berikut :


Pada tulisan ini akan saya coba memberikan pengetahuan tentang jenis jenis penyakit berdasarkan bibit penyakit atau makhluk penyebab-nya yang sering menyerang pada ayam :

Contoh Anak Ayam yang terkena Penyakit
Contoh Anak Ayam yang terkena penyakit


  • Penyakit asal bakteri

Di dalam peternakan ayam yang kita kelola, intensitas terjadinya penyakit asal bakteri ini cukup sering terjadi, dan penyakit dari bakteri ini cenderung dapat dengan mudah disembuhkan dengan antibiotika sehingga tidak akan jadi masalah lebih lanjut. Namun, ada kalanya penyakit ini akan membuat kematian pada ternak terutama jika penyakit yang disebabkan bakteri ini terkontaminasi dengan penyakit lain atau tercampur dengan penyakit asal virus.

  • Penyakit asal virus

Jenis penyakit yang berasal dari virus adalah jenis penyakit yang  sering terjadi pada petemakan terutama pada peternakan yang tata laksananya tidak berjalan dengan baik. Kenyataan yang perlu diketahui peternak tentang penyakit ini adalah penyakit yang berasal dari virus ini "Belum Ada Obatnya", tetapi terjadinya penyakit jenis ini dapat dicegah dengan mempertinggi dan menjaga kualitas daya tahan ayam, dengan cara memberikan pakan atau ransum makanan yang berkualitas. Makhluk virus ini lebih kecil lagi dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.
Contoh penyakit jenis ini yang populer adalah New Castle Disease (ND) atau dikelangan peternak dikenal dengan sebutan tetelo. Satu lagi contoh penyakit pada ayam yang kini mulai sering menyerang pada peternakan-peternakan di Indonesia yaitu penyakit gumboro.

  • Penyakit asal protozoa

Penyakit asal protozoa, adalah termasuk jenis penyakit yang juga sering menyerang terutama pada jenis ayam pedaging, salah satu penyebab jenis penyakit asal protozoa berkembang  akibat kelemahan dalam pemeliharaan, munculnya penyakit ini tidak lagi menjadi momok yang menakutkan karena mudah dicegah. Bila penyakit ini sampai menyerang ayam, segera karantina ayam yang terserang dan berikan preparat sulfa untuk membantu pengobatan pada ayam
Contoh : salah satu jenis penyakit ini yang terkenal adalah coccidiosis atau Penyakit Berak Darah

  • Penyakit asal parasit

Penyakit asal parasit ini sebenarnya tidak akan menyebabkan kematian pada ayam yang kita pelihara, tetapi sangat merugikan ayam karena menyia-yiakan gizi yang diperoleh ayam dan menimbulkan kegelisahan pada peternak, hal ini dikarenakan kandungan gizi yang terdapat pada pakan akan diserap habis sama parasit yang menumpang ditubuh ayam, kondisi ini menyebabkan ayam tidak tumbuh sesuai target dan membuat peternak rugi dalkam pemberian pakan. Hal ini lah yang membuat banyak peternak akan mengalami kerugian dua kali lipat akibat penyakit ini
Contoh : salah satu jenis penyakit asal parasit adalah cacing. Berbagai macam spesies dan berbagai macam tempat hidupnya ada di dalam tubuh ayam. Selain itu, kutu juga populer di petemakan ayam di Indonesia. Penyakit asal parasit ini sebenamya dapat dengan mudah dicegah, dengan . Bila sampai terjadi, ini menandakan pemeliharaannya ayam yang jorok dan tidak bersih dari berbagai segi.

  • Penyakit karena kekurangan atau kelebihan unsur gizi

Penyakit ini sebenarnya tidak harus terjadi apabila peternak mengetahui kualitas pakan yang akan diberikan kepada ayamnya, namun perlu juga kita bahas agar peternak dapat belajar dari kesalahan tentang penyebab dan pencegahan penyakit yang disebabkan oleh gizi ini.
Penyebab utama dari penyakit jenis ini terjadi karena kesalahan peternak dalam teknik penyusunan ransum, pemberian pakan dengan kualitas makanan yang jelek atau dipalsukan ( pilihlah penjual pakan yang terpercaya atau peternak dapat membuat sendiri pakannya, penyimpanan ransum yang tidak baik, maupun ransum telah tercemar predator. Bagi teman –teman yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat pakan ayam sendiri peternak dapat melihat tulisan saya tentang cara membuat pakan untuk ayam pada tulisan ini :


Berdasarkan penjelasan diatas dapat kita ketahui bahwa penyebab terjadinya penyakit pada ayam ada lima jenis penyebab, dan kadang ayam yang terserang penyakit karena salah satu faktor,  kala kelimanya terjadi atau sama-sama menyerang pada satu atau beberapa faktor saja, namun tidak menutup kemungkinan penyaki yang terjadi pada ayam disebabkan oleh kelima faktor yang telah disebutkan. Untuk contoh dari terjadinya penyakit ini dapat dijelaskan pada kejadian berikut ini beberapa ekor ayam, yang terkena penyakit  CRD (Cronic Respiratory Disease) juga mengalami gejala pilek atau batuk sering disebut dengan penyakit Coryza dan setelah diteliti ternya ayam-ayam tersebut juga cacingan serta berkutu. Serangan seperti diatas kemungkinan besar dapat terjadi pada ayam peternak sendiri karena peternak tidak mengetahui kelemahan dalam tata laksana peternakan.

Bagi peternak yang masih awam belum mengenal penyebab jenis-jenis penyakit, saya sarankan untuk selalu mengikuti perkembangan penyebab-penyebab penyakit ini, informasi tersebut dapat diperoleh dari situs-situs internet tentang peternakan, lihat tulisan sayaberikut ini :


Selain dari pencarian di internet pentingnya bertanya kepada sesama peternak juga dapat membantu  untuk mengetahui biang keladi terjadinya penyakit.

Mudah-mudahan dengan informasi yang diberikan ini dapat menambah sedikit pengetahuan peternak tentang jenis - jenis penyakit yang sering terjadi pada ayam.

Post a Comment

Silahkan komentar disini.

 
Top