Salah satu bahan pakan lainnya yang dapat dijadikan pilihan atau tambahan oleh para peternak untuk memperkaya variasi pemberian makanan pada ternak ayamnya adalah daun pepaya, tumbuhan yang mempunyai nama latin Carica Papaya L.
Ini merupakan sumber yang sangat baik untuk serat, kebutuhan folat, vitamin A, C dan E.
Selain itu daun pepaya juga mengandung sejumlah kecil kalsium, besi, riboflavin, thiamine dan niacine. Daun Pepaya sangat tinggi vitamin C, A, dan nutrisi seperti flavonoid dan karoten, namun rendah kalori dan sodium.

tepung daun pepaya
Untuk Membuat Tepung, pilih daun pepaya segar


Berikut ini saya berikan ringkasan manfaat dari daun pepaya secara umum.

  • Meningkatkan kualitas protein untuk organisme baik dalam pencernaan. Sehingga dapat membantu sistem pencernaan, dengan memecah protein dan mendukung produksi enzim pencernaan.
  • Merevitalisasi tubuh ayam yang terluka juga untuk mempertahankan energi dan vitalitas.
  • Mendorong pembaharuan jaringan otot pada anak ayam.
  • Mendukung sistem kelancaran sistem peredaran darah  dan jantung
  • Menaikkan sistem kekebalan tubuh.
  • Membantu mengatasi pencernaan pada ayam

Itulah beberapa manfaat tepung daun pepaya pada ayam yang diberikan pakan campuran daun pepaya, dan juga untuk membuat tepung daun pepaya caranya sangat mudah.yaitu :

  1. Mula-mula dalam daun yang masih basah (baru petik) kita dapat memilih daun pepaya yang masih muda, karena daun pepaya muda, memiliki kandungan vitamin dan zat yang baik,
  2. Daun pepaya muda yang sudah kita seleksi tersebut kita iris-iris kecil-kecil, lebih kacil akan lebih baik, ini dimaksudkan agar daun dapat mudah kering.
  3. Jemur daun pepaya yang sudah dipotong tadi sampai kering di terik panas matahari atau bila kita ingin cepat kering dapat dikeringkan dengan alat pengering, cara mengetahu jika daun pepaya sudah kering adalah dengan meremas daun pepaya, apabila diremas tidak terlalu kuat daun akan mudah hancur.
  4. Daun yang telah kering selanjutnya kita tumbuk atau digiling dan kemudian diayak menggunakan saringan yang tipis, sehingga didapatkan tepung daun pepaya yang halus,
  5. Daun pepaya yang sudah menjadi tepung ini dapat  kita campurkan dengan pakan ayam lainnya sebagai tambahan.

Selain itu berdasarkan penelitian menggunakan analisis statistika oleh Sauland Sinaga menunjukkan bahwa pemberian Tepung Pepaya sebanyak 10% dalam ransum ternak tidak mempengaruhi terhadap persentase karkas, tetapi dapat menurunkan dan juga dapat meningkatkan ada tebal lemak punggung dan meningkatkan kekuatan tulang rusuk. Untuk tulisan lainnya mengenai cara membuat pakan yang Murah Meriah, lihat tulisan saya yang satu ini.

Membuat Pakan Murah, Dari Daun Ubi Kayu
Demikian lah cara membuat tepung daun pepaya, untuk digunakan sebagai bahan pakan tambahan untuk ternak kita. Mudah-mudahan tulisan ini dapat berguna.

Post a Comment

  1. Apa dengan menjadikan daun pepaya sebagai pakan tambahan ini bisa lebih membantu peternak dan tidak terjadi hal negatif pada ternak itu sendiri

    ReplyDelete

Silahkan komentar disini.

 
Top