Pakan atau Ransum adalah bagian terpenting yang tidak boleh dilewatkan ketika beternak ayam, kebanyakan peternak akan memakai cara yang praktis yaitu membeli langsung di toko pakan ayam atau langsung membeli di agen / pabrik pakan ayam.

Dalam membeli ransum langsung dari pabrik, akan berbeda perlakukannya jika kita membeli secara eceran melalui toko-toko penyedia perlengkapan hewan. Perbedaan ini karena kita akan mendapatkan harga yang lebih murah dan biasanya akan lebih mudah dalam transportasi ke peternakan dibandingkan membeli di toko-toko biasa.
Berikut ini ada beberapa pedoman praktis untuk ditelaah dahulu oleh peternak sebelum memutuskan merek ransum yang akan dibeli pedoman ini tentunya sangat berguna bagi peternak yang memiliki banyak ayam broiler. Bahkan untuk peternak yang memiliki ribuan atau ratusan ribu ekor ayam tentunya akan lebih ekonomis dengan membeli pakan langsung dari pada membuat sendiri.

tips membeli pakan ayam

Pedoman yang dapat digunakan / diaplikasikan oleh para peternak adalah sebagai berikut.
Bagi peternak yang baru akan memulai betemak atau baru pertama kali me­makai ransum jadi buatan pabrik sebaiknya Bertanya dahulu kepada sesama rekan petemak tentang pemakaian merek ransum tertentu. Mereka akan dengan senang hati menceritakan baik dan buruknya kualitas ransum yang dijual. Cara lain dengan bertanya kepada pedagang pengumpul yang rajin berkunjung ke petemakan atau bertanya kepada distributor ayam yang umumnya merangkap sebagai petemak atau yang telah memahami bisnis ini.
Pilihlah Pabrik Ransum Yang Bertanggungjawab. Ukuran pabrik besar atau pabrik kecil biasanya bukan jaminan, hal ini terjadi karena umumnya pabrik yang telah memiliki nama baik akan selalu menjaga nama baiknya dengan bertanggung jawab atas kuantitas dan kualitas pakan yang disediakan. Rasa tanggung jawab tersebut dapat terlihat dengan pelayanan pumajual. Misalnya, penjual akan memberitahu apabila di dalam ransum yang dijual ada racun yang berasal dan tepung ikan (temperatur dan transportasi merusak salah satu asam aminonya karena proses penguraian dan hasil uraian itulah yang bertindak sebagai racun yang menghancur­kan dinding gizzard ayam), sehingga untuk menjaga kepercayaan konsumen peternak dapat mengembalikan (retur) dan digantikan dengan pakan baru yang kualitasnya bagus. Contoh lain adalah pelayanan puma­jual dalrtfgvbam bentuk layanan konsultasi teknis dan bimbingan lainnya secara gratis. Kadang kala mereka mengundang peternak atau staf kandang untuk mendapatkan pelatihan singkat / course betemak di perusahaan mereka, pelatihan ini juga adalah bagian dari promosi yang dilakukan oleh pabrik tersebut sehingga akan tercipta hubungan yang saling menguntungkan. Untuk dapat memahami dan mengenal pabrik yang baik silahkan lihat tulisan berikut => Tips Terhindar Dari Penipuan Online Membeli Ayam
Bagi peternak yang hendak memesan pakan dengan jumlah banyak, saya sarankan peternak untuk Membuat Kontrak / Perjanjian. Dan sebelum menandatangani perjanjian tersebut sebaiknya ambil dahulu sedikit contoh dan bawa ke laboratorium pakan temak untuk diuji dan dilihat hasilnya apakah kualitas dan mutunya sesuai dengan perjanjian yang dibuat. Tindakan ini juga harus dilakukan juga dalam jangka waktu / periode tertentu.
Tindakan terakhir yang dapat dilakukan oleh peternak adalah melakukan Pengecekan Apakah Harga Ransum Telah Sesuai dengan kelayakannya. Pakan yang berasal dari pabrik yang bertanggung jawab, berkualitas baik, dan ada pelayanan pumajual yang baik tentunya akan memiliki harga lebih mahal daripada produksi ransum pabrik yang kualitasnya jelek, tidak bertanggung jawab, dan pelayanan pumajualnya jelek. Harga tidak pernah bohong.
Atau jika memang dana untuk membeli pakan kurang peternak dapat membuat Pakan Sendiri seperti tulisan berikut ini :
Membuat Pakan Alami dari BahanTepung Udang
Membuat Pakan Alami dari Bahan Daun Pepaya
Membuat Pakan Alami dari Bahan Daun Ubi Kayu
Membuat Pakan Alami dari Bahan Daun Turi
Demikian tulisan kali ini, mudah-mudahan setelah membaca tulisan ini peternak tidak akan mengalami kesulitan dalam membeli pakan dalam jumlah besar, dan akan lebih menghemat ongkos produksi yang akan dikeluarkan.

Sumber tulisan : Dr. Ir. Muhammad Rasyaf, 2008 : Panduan Beternak Ayam Pedaging, Penebar Swadaya Grup. Jakarta.

Post a Comment

Silahkan komentar disini.

 
Top