Berapa Suhu dan Kelembaban Yang Ideal untuk Kandang yang berisikan Anak Ayam, adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para peternak baik peternak pemula maupun peternak yang telah lama berkecimpung dalam dunia Peternakan Ayam, dan kali ini saya akan memberikan kembali tips mengenai hal tersebut terutama untuk peternakan anak ayam, yang menurut saya adalah salah satu bisnis yang sangat menguntungkan.


Salah satu hal yang penting buat peternakan ini selain kualitas pakan yang diberikan, dan pemilihan kandang seperti yang telah saya share pada tulisan sebelumnya:


Dan untuk hal lainnya selain kedua faktor diatas yang perlu peternak cermati adalah Temperatur / Suhu yang akan mempengaruhi kelembaban kandang, Kenapa suhu dan kelembapan harus kita perhatikan ??? karena faktor suhu dan kelembapan ini adalah pangkal dari bagaimana anak ayam tumbuh menjadi ayam yang sehat atau mudah terserang penyakit.

Sistem Pengaturan Suhu Tubuh.


Sistem pengaturan suhu tubuh pada anak ayam bersifat homeotermik yang dimaksud dengan homeotermik ini adalah dimana suhu tubuh ayam adalah suhu yang relatif stabil pada derajat tertentu yaitu pada suhu 40-41C. Namun seperti yang kita ketahui anak ayam yang berumur 0-5 hari, anak ayam tersebut masih belum dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri ini berarti anak ayam tersebut harus mendapat bantuan dari luar (Induk Ayam atau Penghangat Buatan). Anak ayam itu sendiri menurut penelitian baru dapat mengatur suhu tubuhnya secara optimal sejak umur dua minggu. Sebelum umur dua minggu inilah peran penghangat buatan atau sering disebut brooder sangat penting, brooder ini digunakan untuk menjaga temperatur kandang ada pada suhu yang ideal untuk perkembangan anak ayam. Umumnya peternak mengetahui bahwa suhu yang ideal adalah 37 derajat Celcius namun untuk lebih jelas lagi jika breeder melihat gambar dibawah ini.


Berikut ini adalah gambar untuk suhu dan kelembaban udara yang nyaman bagi anak ayam sampai dewasa (gambar ini dibedakan untuk dua jenis ayam yang sering dibudidayakan yaitu Ayam Pedaging dan Ayam Petelur).


Suhu dan Kelembapan Ideal Untuk Anak Ayam
Suhu dan Kelembapan Ideal Untuk Anak Ayam

Suhu dan Kelembaban Udara yang Nyaman Bagi Anak Ayam


Dua faktor diatas yaitu suhu dan kelembapan adalah faktor yang saling terikat dan terkait dengan perkembangan anak ayam dari waktu ke waktu keterkaitan ini mempunyai pengaruh positif yaitu jika semakin tinggi kelembaban yang ada dalam kandang maka, suhu efektif yang harus dibuat agar membuat anak ayam nyaman harus semakin tinggi. Begitu juga sebaliknya, anak ayam akan merasakan suhu yang lebih dingin dibanding suhu lingkungan ketika kelembaban pada kandang rendah.


Adanya keterkaitan ini membuat peternak harus dapat menjaga kondisi suhu kandang mengikuti kelembapan yang terjadi di sekitar kandang, hal ini disebabkan karena peternak hanya dapat mempengaruhi suhu yang dibutuhkan oleh anak ayam, sedangkan untuk kelembapan yang terjadi adalah sebuah kondisi yang terjadi karena adanya peristiwa alam, seperti hujan ataupun musim kemarau, dan ketika peternak tidak dapat menjaga suhu kandangnya maka, kandang tersebut dapat beraroa tidak sedap (bau) ataupun dapat membuat anak ayam tidak betah sehingga dapat menjadi salah satu penyebab penyebab anak ayam mudah terserang virus atau penyakit.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pemilihan lokasi kandang, untuk saran dari kami dapat melihat tulisan berikut => Perhatikan Hal Ini, Dalam membuat Kandang Ayam
 

Keterkaitan ini antara Kelembaban terhadap Suhu yang harus dijaga pada kandang anak ayam dijelaskan pada gambar dibawah ini :


Perbandingan antara Suhu dan Kelembapan Untuk Kandang Ayam
Perbandingan antara Suhu dan Kelembapan Untuk Kandang Ayam

Sedangkan untuk pengaruh suhu dan kelembapan terhadap anak ayam yang dapat membuat anak ayam akan kedinginan atau kepanasan akan saya bahas pada tulisan selanjutnya :

Pengaruh Suhu dan Kelembapan terhadap Produktifitas

Sedangkan untuk melihat bagaimana kondisi ayam yang kedinginan dapat breeder lihat pada tulisan saya sebelumnya :

Demikianlah tulisan singkat ini mudah-mudahan dapat berguna buat teman-teman yang membutuhkan untuk memulai bisnis peternakan ayamnya. 

Terimakasih.

sumber gambar dan content (disarikan ulang) : www.info.medion.co.id

Post a Comment

Silahkan komentar disini.

 
Top