Apa itu Chick Sexing buat teman teman yang peternak ayam mungkin istilah ini sudah populer, tapi bagi yang baru memulai memelihara anak ayam istilah ini belum tahu, Chick Sexing adalah istilah yang digunakan dalam  tindakan khusus oleh peternak ayam untuk menentukan jenis kelamin anak ayam atau DOC saat baru menetas atau baru umur 1 hari.

Tips Chick Sexing pada Anak Ayam
Tips Chick Sexing pada anak ayam
Istilah ini mulai digunakan oleh dalam penelitian Dr. Kiyoshi Masui,  Drs Juro Hashimoto and Isamu Ono,yang meneliti pengembangan organ kelamin pada ayam jantan di jepang pada tahun 1925 yang kemudian hasil dari penelitiannya tersebut dipulikasikan di tahun 1933.
Apa tujuan utama dari melakukan membedakan jenis kelamin ini? Terdapat dua tujuan utama peternak melakukan Chick Sexing ini, jika ditinjau dari Jenis Kelamin yang diinginkan:

  1. Anak Ayam Betina, dengan mengetahui anak ayam betina maka semua fasilitas peternakan dapat dimanfaatkan untuk pemeliharaan anak ayam / DOC betina , yang akan menjadi induk ayam yang akan menghasilkan telur, atau bagi peternak yang khusu menjual anak ayam betina yang lebih mahal tentunya profit yang didapatkan jika hanya memelihara betina saja. 
  2. Begitu pula dengan mengetahui sejak awal anak ayam jantan, maka keinginan pecinta ayam yang ingin menjadikan sebagai ayam aduan. Dengan mengetahui jenis kelamin jantan sejak dini, akan dapat membuat perencanaan ke depannya mengenai si anak ayam.

Ada beberapa Cara yang digunakan peternak untuk mengetahui anak ayamnya jantan atau betina beserta kelemahan dari penggunaan metode tersebut, yaitu :
Chick Sexing mempergunakan Chick Tester, ada sebuat alat yang namanya Chick Tester, ujung berbentuk tabung kecil dari kaca seperti termometer, dan  terdapat lampu di dalamnya. Apabila di nyalakan , cahaya lampu keluar dalam bentuk sorotan pada ujung Chick Tester.sehingga akan memudahkan penglihatan ketikan alat tersebut di masukan ke  cloaka / anus DOC ,
Jika ketika kita memasukkan alat tersebut tampak bentuk yang menyerupai butiran beras pada kiri kanan tulang punggung, maka tanda itu adalah menunjukan Anak Ayam tersebut JANTAN, bila bentuknya remang-remang tak terlalu jelas maka itu adalah DOC BETINA. Dengan menggunakan alat ini akurasinya akan tinggi, namun Chick Tester ini harganya terlalu mahal untuk petani skal kecil hanya peternak skala besar akan efektif membelinya.
Chick Sexing mempergunakan Perbedaan Bulu Sayap,  cara ini digunakan dengan merentangkan dan memperhatikan bulu sayap utama dan bulu sayap atas anak ayam dengan usia 1-3 hari, apabila bulunya sudah terlihat panjang maka anak ayam tersebut adalah BETINA jika pendek dan kecil maka anak ayam tersebut adalah JANTAN kelemahannya tidak semua anak ayam bisa dilihat jenis kelaminnya menggunakan metode ini  terutama terhadap anak ayam bangkok.
Chick Sexing dengan melihat langsung Anus / Cloaka, metode ini dikenal  dengan nama VENT SEXING, cara ini hampir sama dengan cara yang pertama yaitu dilakukan dengan melihat langsung organ genital pada lubang pengeluaran anak ayam. Namun dilakukan tidak dengan alat dan hanya yang sudah berpengalaman dan terlatih, melihatnya dengan bantuan kaca pembesar, kelemahannya seperti yang saya bilang tadi untuk orang awam, maka akan sulit membedakannya.
Chick Sexing dengan Cara Tradisional, cara yang terakhir ini adalah cara yang simple praktis  dan sudah umum dilakukan terutama untuk jenis ayam bangkok aduan. Seperti berdasarkan pengamatan terhadap perbedaan bunyi, suara kicauan jika dipegang atau dielus, ketegasan/ketebalan garis jengger, kuping telinga, ketajaman/sorot mata, panjang/pendek badan, ketegapan dan kekuatan tubuh, cepat/lambat tumbuh bulu ekor, kegelian dan sifat dominan, Biasaya anak ayam yang berwarna mencolok akan menjadi pejantan. kenapa  pejantan mempunyai warna lebih banyak daripada betina, karena variasi warna tersebut digunakan untuk menarik pasangannya atau jika memang tidak terlalu memikirkan jenis kelaminnya apa tunggu saja antara 2 minggu sampai satu bulan perbedaan jenis kelamin akan mudah diketahui.
Agar lebih mudah mengerti berikut ini saya lampirkan video cara membedakan jenis anak ayam (feather sexing)


Demikianlah Chick Sexing atau cara membedakan jenis kelamin pada anak ayam, mudah-mudahan membantu saudara dalam beternak anak ayam.
(sumber gambar : http://papaji.forumotion.com)
(sumber video: http://youtube.com)

Post a Comment

  1. Ternyata begitu cara cek jenis kelamin ayam ^^b

    ReplyDelete
  2. Baru tahu cara cek kelamin ayam bangkok ternyata mudah ya. suwun infonya,

    ReplyDelete

Silahkan komentar disini.

 
Top