Pada tulisan kali ini saya ingin memberikan tips kecil bagaimana menangani atau mengobati anakan atau DOC yang terluka akibat kanibalisme atau perkelahian dengan anakan lainnya atau akibat dipatuk ayam dewasa yang ikut kita pelihara?
 
luka pada anak ayam
sumber gambar backyardchickens.com
Adapun cara dan tips yang dapat dilakukan untuk menangani atau mengobati anak ayam yang terluka adalah sebagai berikut :
  1. Bersihkan dan kompres luka anak ayam tersebut dengan air hangat kuku. 
  2. Jika ada bulu - bulu yang rusak lebih baik dihilangkan dengan cara dicaput secara perlahan - lahan atau digunting dengan gunting steril saja, agar bulu tersebut tumbuh kembali. 
  3. Luka yang sudah dibersihkan dan di kompres dengan air hangat dapat diberikan parutan kunyit (sejenis rempah - rempah yang banyak didapatkan di pasar) yang dicampur dengan minyak goreng yang baru. Caranya kunyit dibakar sehingga tercium aroma kunyitnya, kemudian dihaluskan dengan minyak goreng yang sudah disiapkan secukupnya, setelah ramuan kunyit tersebut dingin barulah ramuan tersebut dapat kita urut atau oleskan pada bagian anak ayam yang terluka
  4. cara tersebut hanya untuk pertolongan pertama, kami sarankan anda memberikan antibiotik kepada anak ayam,karena anak ayam yang terluka akan mengalami kesakitan perih bahkan dapat infeksi yang terlihat dari anak ayam yang menggigil. antibiotik yang diberikan dapat berupa obat tetraclor atau sejenisnya yang harganya relatif murah dan dapat dengan mudah diperoleh di toko perlengkapan ternak.
  5. kemudian pisahkan anak ayam yang terluka td ke kandang sendiri dengan sirkulasi udara tidak terlalu terbuka dibuat agak tertutup.
  6. Berikan Vitamin Ikan kepada anak ayam ini agar kondisi anak ayam cepat pulih (vitamin ikan amat bagus buat pertumbuhan anak ayam, karena menambah nafsu makan)
Sebenarnya anak ayam yang terluka tersebut dapat diberikan minyak urut berupa minyak tawon atau minyak-minyak yang lain yang cara perlakuannya sama seperti yang sudah dijelaskan namun, minya ini akan membuat luka lebih lama kering, dan akan menghambat pertumbuhan bulu.

Berikut saya tampilkan cara mengobati (mengoperasi anak ayam yang terluka akibat serangan binatang lain) yang bisa digunakan untuk keperluan mendadak, untuk kasus nya disarankan ke dokter hewan setempat.



Demikian tips singkat yang dapat saya berikan untuk merawat anak ayam yang terluka, yang dapat dipraktekan buat peternak anak ayam, mudah-mudahan berguna untuk pertolongan pertama karena jika dibiarkan maka luka tersebut dapat infeksi.

Post a Comment

Silahkan komentar disini.

 
Top