Untuk melihat kesehatan anak ayam selain dari kondisi tubuh yang fit, dapat kita lihat juga dari warna kotorannya, kali ini akan coba berikan warna kotoran yang mengindikasikan bahwa anak ayam anda sedang terkena penyakit atau sehat
langsung saja yah. 

warna kotoran ayam
Warna Kotoran Ayam

  1. Untuk Warna kotoran anak ayam yang sehat adalah tergantung makanan yang diberikan yaitu Kalo dikasih pakan jagung, maka warna kotorannya hijau ada putihnya sedikit dan kondisi kering jika dikasih pakan Dedak / Konsentrat, maka kotorannya akan bewarna  coklat ada putihnya sedikit, kondisi kering atau sedikit lembek. 
  2. Kotoran Berwarna Darah/Merah indikasi anak ayam terserang koksidiosis sakit akibat bakteri protozoa Eimeria sp.  untuk pengobatan berikan noxal, sulfaquinoksalin, diklazuril atau lainnya 
  3. Kotoran Normal namun ada bewarna kemerah-merahan kemungkinan anak ayam yang terkena cacingan atau korisa, berikan obat cacing dan jaga kebersihan kandang anak ayam. 
  4. Kotoran Bewarna Putih berair anak ayam anda terindikasi terserang pullorum 
  5. Kotoran Bewarna Hijau dibarengin ngorok biasanya terserang CRD, kotoran dengan warna hijau merupakan penyakit yang mudah menular antara anak ayam yang satu dengan yang lain untuk itu perlu langkah - langkah pencegahan supaya tidak terkena dengan memperhatikan sanitasi kandang dan lingkungan. Kebersihan tempat makan, minum, lantai dan dinding kandang harus selalu terjaga.diobati dengan Antibiotika yang disuntikkan antara lain furozolidon, coccilin, neo terramycin, tetra atau mycoma. 
  6. Kotoran berwarna Hijau atau Keputihan (sering disebut Berak Kapur) itu tandanya terkena bakteri, Caranya bisa diobati dengan diminumkan tablet koleridin (bisa dibeli di toko pakan) atau sering-sering memberi rebusan temu lawak, temuireng atau daun pepaya sehingga ayam kembali normal pencernaannya.

Demikian warna-warna kotoran pada anak ayam anda semoga dengan tulisan saya kali, anda dapat dengan cepat mengambil tindakan jika melihat kotoran anak ayam anda bewarna aneh seperti yang telah dijelaskan diatas.
(sumber gambar : arboge.com)

Post a Comment

Silahkan komentar disini.

 
Top