Terimakasih kunjungannya para pengemar ternak anak ayam kali ini saya akan membagikan sedikit tips kembali untuk merawat anak ayam, mudah-mudahan tips ini bermanfaat terutama bagi petani yang ingin melihat tempat / kandang anak ayamnya rapi dan bersih.

tempat makan anak ayam
Tempat Pakan Anak Ayam dari Pipa
Selain Kandang yang bersih dan rapi yang akan dibahas ini anda juga sebaiknya harus tahu bahwa untuk membangun sebuah kandang ada aspek yang harus dipahami seperti yang ada pada tulisan ini
Aspek Hukum Membangun Peternakan Ayam
Bagi petani atau peternak anak ayam yang sering mengalami keadaan dimana tempat untuk pakan anak ayamnya berantakan berikut ini tips dari saya agar tempat pakan anak ayam anda terlihat rapi dan lebih sehat ( tidak tercampur dengan kotoran ayam) sebagai berikut :
  1. Bagi petani anak ayam yang mau berhemat atau tidak memiliki modal besar silahkan gunakan media bambu dengan cara, ruasnya  dibiarkan utuh dan di lobangi seperti kentongan yang digunakan untuk poskamling atau penjual nasi goreng sesuaikan ukuran kepala ayam sehingga hanya kepala anak ayam saja yang dapat masuk untuk mengambil makanan sehingga pakan yang diberikan tidak berantakan.
  2. Untuk pemakaian pipa paralon PVC dengan ukuran 5 cm potong lurus kira kira2 2 jari setelah itu kasih tutup pipa pada kedua ujungnya jangan lupa berikan lobang bisa di solder tato di lobangi dengan paku ato logam yang telah di panaskan untuk diberikan kan di kandang.
  3. Untuk yang mempunyai modal lebih, tempat pakan tersebut dapat kita beli di breeding (toko yang menjual pakan ternak) untuk ukuran biasanya tersedia dari ukuran kecil, sedang sampai ukuran super besar.
Kelebihan dan Kekurangan Pemilihan Tempat Pakan.
Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat saya jelaskan dari pemilihan tempat pakan tesebut untuk yang pakai cara yang kedua mudah keuntungannya adalah tempat pakan akan mudah di bersihkan jadi pakan ayam dapat di kurangi dari resiko tercampurnya kotoran dan jamur sehingga anak ayam yang kita pelihara akan lebih sehat sedangkan pemakaian cara yang pertama keuntungannya adalah lebih murah dan bahannya banya didapatkan disekitar kita sedangkan yang ketiga adalah lebih praktis dalam segi penggunaannya.
Kekurangan yang terdapat dalam pemakaian tempat pakan ayam cara kedua adalah leher anak ayam dapat terluka jika bekas potongan yang ada pada pipa tidak dihaluskan terlebih dahulu sedangkan dengan cara yang pertama pemakaian bahan bambu akan menyebabkan kondisi udara lebih lembab, sehingga dapat menyebabkan pakan ayam berjamur ketika dan juga jika hendak dibersihkan maka kita akan kesulitan terutama jika pakan dicampur pakai air, juga akan menyebabkan wadah / tempat menjadi lama kering dan jika wadah tidak segera kering dalam 2 - 3 hari akan menyebabkan pakan anak ayam akan berjamur dan kemungkinan hal ini akan memicu kondisi ayam akan mudah sakit. sedangkan kesulitan dalam pemilihan tempat pakan yang ketiga adalah pakan akan sering tumpah (rugi pemberian pakan yang terbuang) hal ini disebabkan kaitan tempat makan ayam dan tempat pakan kecil sehingga kemungkinan tidak akan kuat waktu di injak-injak atau di patok oleh anak ayam yang bergerombol.
Sebelum membangun kandang perhatikan hal berikut ini :
Yang Harus Diperhatikan Dalam Membangun Kandang Ayam
Untuk membuat kandang yang sehat, nyaman dan bersih, Breeder bisa mencoba pemakaian kandang seperti video yang saya tampilkan berikut ini.


 
Demikianlah sedikit share dari saya untuk pemilihan tempat pakan anak ayam.
Selamat Mencoba…
 
Top