Kali ini saya akan kembali membagikan tips kepada peternak ayam, yaitu cara agar membuat induk ayam betina dapat segera kembali bertelur, setelah induk ayam tersebut sudah tidak mau lagi bertelur karena akan memasuki fase Mengeram untuk menetaskan telur menjadi anak ayam, fase ini terjadi ketika induk ayam tersebut telah bertelur sebanyak 20-24 butir. 
Sepertinya cara ini sudah seringkali dibuat oleh blog lainnya. Namun tidak ada salahnya saya akan kembali membuatnya, cara ini saya lakukan berdasarkan pengalaman yang saya alami sendiri.

Cara Merendam Induk Ayam
Merendam Induk Ayam

Cara ini saya gunakan untuk memaksimalkan agar induk ayam agar dapat bertelur banyak dan juga dan juga agar cepat bertelur lagi.
  • Berikan makanan yang memiliki kandungan protein tinggi dengan memberikan bekas cangkang bekicot/siput yang bisa didapatkan dari sawah atau kebun yang mempuyai suhu lembab, jika susah untuk mendapatkannya bisa dibeli dari penjual bekicot karena mereka tidak menggunakan cangkangnya tersebut. Cara memberikannya dengan menghaluskan cangkang tersebut kemudian cangkang yang telah halus tersebut dicampurkan dengan pakan ayam.
  • Siapkan kandang yang mempunyai ukuran sama dengan induk ayam, ukuran kandang bisa dibuat dengan ukuran tinggi 80 cm, dan lebar 40 cm. Untuk bahannya dapat kita gunakan kaso sebagai kerangka dan bambu untuk dinding maksud dari pembuatan kandang yang agak sempit ini adalah agar induk ayam tidak dapat leluasa bergerak. Sehingga energinya tidak banyak terbuang dan membuat induk ayam akan terus bertelur. 
  • Hal terahir yang dapat kita lakukan adalah dengan memandikan induk ayam yang telah selesai bertelur biasanya proses memandikan ini dilakukan selama 3 - 4 hari atau selama induk ayam masih ingin mengeram, sampai tidak lagi mempunyai keinginan untuk mengeram (agak kejam yah...). Mandikan induk ayam tersebut setiap hari pada waktu pagi hari, cara memandikannya dengan merendam induk ayam tersebut pada sebuah wadah/ember yang telah diisi dengan air bersih selama 10-15 detik, Setelah basah kuyup, induk ayam kemudian dilepas di pekarangan dan sore dikandangkan kembali.
Dengan cara diatas mudah-mudahan induk ayam tersebut dapat segera kembali bertelur secara terus menerus dan menghasilkan banyak telur.

Post a Comment

Silahkan komentar disini.

 
Top