Usaha  sektor  peternakan  merupakan sektor usaha  yang  mempunyai  peranan  sangat besar dan penting dalam pemenuhan kebutuhan protein hewani dan berbagai keperluan industri. Protein yang berasal dari ternak  ini memiliki  fungsi  penting  dalam  kehidupan  sehari-hari manusia  karena mengandung berbagai asam amino yang diperlukan untuk pertumbuhan dan kecerdasan manusia.
Peranan  penting ini tidak mungkin dapat di gantikan oleh sumber protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan atau nabati.

pemilihan-lokasi-beternak-ayam
Lokasi Peternakan Ayam

Untuk menunjang sektor peternakan agar dapat berkembang sesuai yang kita inginkan maka hal pertama yang perlu kita perhatikan juga adalah Pemilihan Lokasi untuk beternak ayam mungkin kalo kita membangun usaha tersebut hanya untuk keperluan konsumsi sehari-hari, faktor ini tidak terlalu berperan penting. Namun, jika kita mengusahakannnya dalam skala sdang sampai besar faktor ini menjadi faktor penentu dalam keberhasilan membangun peternakan di masa yang akan datang.

Membangun peternakan anak ayam adalah peluang usaha yang cukup menjanjikan, hal ini sesuai dengan analisa bisnis yang dilakukan lihat tulisan ini
Analisa Bisnis Peternakan Ayam
Namun, sebelum memulai usaha tersebut ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, terutama persiapan  yang terkait dengan pemilihan  lokasi tempat kita membangun peternakan tersebut :

  • Dalam membangun peternakanan anak ayam ataupun peternakan hewan-hewan lainnya dikawasan adalah kita harus memikirkan dampak negatif yang ditimbulkan, berupa polusi suara maupun polusi udara yang meresahkan polusi, selain polusi tersebut terdapat juga limbah yang harus diperhatikan lebih baik adalah peternak bekerja sama dengan petani yang memanfaatkan limbah peternakan kita untuk tanaman yang diusahakannya.
  • Pentingnya kepedulian peternak, disini ditekankan agar peternak tidak menutup mata terhadap dampak negatif yang ditimbulkan tersebut, hal ini bsa dalam bentuk sindiran-sindiran dari masyarakat sekitar samapai yang paling ekstrim adalah demonstrasi untuk menutup peternakan.
  • kepedulian diatas dapat diwujudkan dengan memberikan bantuan-bantuan sosial kepada warga sekitar, atau partisipasi dalam kegiatan yang diadakan. Kalau istilah kerennya adalah BSR (Breeder Social Responsibility).
  • Bagi usaha peternakan yang sudah berkembang, dapat meminta Izin Usaha Peternakan untuk Anak Ayamnya kepada Dinas Peternakan Setempat, dengan melampirkan ketentuan-ketentuan yang dipersyaratkan untuk mengurus ijin usaha tersebut syarat-syarat usaha peternakan ini biasanya adalah Surat Permohonan photocopy KTP, dan Izin berusaha dari RT/RW.
  • Peternak harus melek hukum, disini saya analogikan bahwa peternak harus mengerti akibat yang ditimbulkan dari kegiatannya terutama di bidang hukum sehingga apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan dapat diatasi. Untuk pembahasan ini silahkan baca tulisan berikut. >> Permasalahan Hukum Membangun Peternakan Anak Ayam di Perumahan.

Demikianlah beberapa hal mengenai pemilihan lokasi yang harus diketahui dan dipersiapkan oleh Breeder untuk memulai persiapan dalam membangun peternakan yang dimilikinya. 

Post a Comment

  1. Ini kunjungan balik saya, blog nya bagus artikel enak dibaca, kalau dikelola terus saya yakin pengunjung akan ramai, semoga sukses gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Om, terimakasih yah. Salam Sukses juga.

      Delete

Silahkan komentar disini.

 
Top