Akhir-akhir ini kondisi cuaca memang kurang bersahabat, situasi cuaca yang panas sekali cenderung dapat berpengaruh terhadap kondisi peternakan, Kondisi yang juga disebut sebagai Heat Stress ini apabila dibiarkan terus menerus dapat membuat anak ayam yang kita pelihara akan stress akibat kepanasan yang menyebabkan adanya penurunan daya tahan pada ayam (immunosupresi)
yang berpengaruh langsung pada kesehatan ayam dengan gejala mengap – mengap dan ngorok gejala ini dapat menjadi salah satu sebab berat anak ayam tidak memenuhi targetnya, bahkan juga dapat menimbulkan kematian. Kok bisa mengalami kematian, hal ini dikarenakan ayam tidak mampu membuang panas dari dalam tubuhnya akibat tingginya cekaman suhu, ketidakmampuan ini akan melemahkan kondisi ayam, yang dapat berujung kematian.
Bagi yang ingin mengetahui berapa suhu yang nyaman dan baik pada ayam, dapat lihat tulisan ini.

Berikut ini saya berikan cara yang praktis dan sering saya gunakan pada anak ayam saya untuk mengurangi gejala-gejala stres akibat kepanasan :

Heat Stress Pada Ayam
Heat Stress Pada Ayam

  1. Penutup atau Tirai Kandang, jika kandang kita merupakan kandang yang terbuka atau menggunakan tirai maka alangkah baiknya untuk mengurangi panas yang terjadi kandang dapat kita buka mulai jam 11.00 sampai pukul 15.30, namun jika kondisi cuaca sudah memungkinkan antara jam 03.00 s/d 05.00 kandang dapat kembali kita tutup kembali. Hal ini dikarenakan kondisi suhu yang dapat dengan cepat berubah menjadi sangat dingin, terutama apabila kondisi angin yang sangat kencang.
  2. Kepadatan Kandang, pengaturan populasi anak ayam yang ada dalam satu kandang juga turut berpengaruh mengurangi heat stress pada anak ayam, dapat dilakukan dengan pelebaran kandang sehingga dapat memberikan rasa nyaman pada anak ayam.
  3. Pohon Peneduh, dengan menanam pohon peneduh disekitar kandang, maka panas yang ditimbulkan oleh cuca yang tidak menentu tersebut dapat di filter, karena sifat pohon yang dapat membuat kandang menjadi lebih adem dan dingin tanpa membuat kondisi kandang menjadi lebih lembab. Namun sebagai catatan harus diperhatikan posisi pohon-pohon tersebut ditanam hal ini untuk menjaga sirkulasi udara yang baik.
    Nopstress, Nopstress adalah sejenis vitamin yang mempunyai cairan elektrolit untuk menguatkan anak ayam dan ayam dewasa yang bisa didapatkan di toko-toko peternakan. Namun yang perlu diperhatikan disini yang diberikan adalah Nopstress Merah, karena nopstress terdiri dari empat jenis jenis yaitu : Merah (Vit+elektrolit), Biru (Vit+Neomicyn), Kuning (Vit+electrolit+K), Hijau (Vit+Pennicylin). Dengan melakukan pemberian Nopstress pada siang hari, akan membantu menjaga daya tahan dan stamina anak ayam, karena mendapatkan suplemen atau multivitamin
  4. Air Putih, sama seperti pemberian Nopstress dengan memberikan air putih pada siang hari, akan membantu menurunkan suhu tubuh yang memicu stress pada anak ayam, namun perlu diperhatikan jangan memberikan air putih ini dalam kondisi yang terlalu banyak yang dapat memicu anak ayam mencret.
  5. Pembersihan Kandang, kandang harus dibersihkan secara berkala bisa satu kali atau dua kali seminggu tergantung tingkat kepanasan dan stress yang dihadapi oleh anak ayam, dengan membersihkan kandang akan membantu mengurangi penguapan amonia yang disebabkan kotoran ayam pada siang hari.
  6. Wadah Air Minum, selain kebersihan kandang saat suhu tinggi, perkembangan bibit penyakit di dalam wadah air minum juga menjadi lebih cepat. Oleh karenanya jadwalkan pembersihan pada saluran air minum sebaiknya ditingkatkan. jika di dalam saluran air minum telah terbentuk lapisan atau kerak (disebut biofilm yang merupakan tempat perkembangan bibit penyakit yang baik) sebaiknya segera lakukan pencucian wadah.
  7. Hindari Pemberian Obat, maksudnya adalah jangan berikan obat-obat yang kurang perlu atau tidak diperlukan kepada ayam hal ini karena dalam kondisi panas ayam akan sulit untuk menerima pengaruh kimia dari obat-obatan yang justru menjadi penyebab turun/melemahnya kondisi anak ayam.
  8. Selain itu anda dapat memperhatikan temperatur kandang => Temperatur / Suhu Kandang Ayam
  9. Ransum, pada kondisi yang panas ini berikan ransum kepada anak ayam dengan kandungan nutrisi yang sesuai dan atur distribusi tempat ransumnya
Selain Panas Ekstri diatas ada juga cuaca ekstrim akibat kedinginan, berikut ini adalah tulisan anak ayam yang mengalami gejala kedinginan
Waspada, Ciri-ciri Anak Ayam Yang Kedinginan
Semoga dengan cara-cara yang disampaikan diatas peternak dapat mengurangi resiko-resiko yang dihadapi akibat suhu panas dan cuaca yang ekstrim, sehingga kerugian dapat dikurangi bahkan dapat dihilangkan, semoga berhasil.
disarikan dari berbagai sumber

Post a Comment

Silahkan komentar disini.

 
Top