Kali ini Ternak Anak Ayam ingin berbagi informasi mengenai permasalahan yang sering dihadapi peternak dalam pengiriman DOC melalui udara, dan sering kali kesulitan yang dihadapi sebagai akibat peraturan yang sangat ketat yang diterapkan oleh dinas peternakan terutama dari karantina yang secara prosedural dilakukan di Balai Karantina Bandara Udara keberangkatan dan tujuan yang akan sangat merepotkan bagi peternak yang mendatangkan DOC melalui bandara, sementara jika doc yang dikirmkan melalui jalur darat sangat mudah dan tidak memiliki ijin khusus yang harus dilalui.
Apalagi setelah kasus Flu Burung melanda beberapa negara di dunia (termasuk Indonesia) karantina dalam pengiriman unggas/ayam semakin diperketat, beberapa pelabuahan udara bahkan ada yang menutup jalur pengiriman unggas.

Taksiran Harga Pengiriman DOC
Taksiran Harga Pengiriman DOC dari Pulau Jawa

Kesulitan ini sangat berakibat negatif kepada peternak terutama kepada peternak yang masih berusaha dalam skala kecil, kesulitan yang dihadapi peternak itu adalah sebagai berikut :
  1. Harga bibit doc jadi lebih mahal karena dikenakan biaya pengurusan yang tidak tertera di karantina baik bandara/dinas peternakan setempat.
  2. Harga pakan anak ayam akan melambung tinggi.
  3. Harga jual DOC bisa menjadi sangat rendah, hal ini disebabkan DOC yang dijual akan  kalah bersaing dengan DOC dari tempat lain yang mudah masuk ke daerah tujuan tampa melalui jalur Bandara.
  4. Pemerintah tidak melakukan razia hewan ternak yang masuk dari jalur selain jalur udara ini, sedangkan dari Bandar Udara maka hewan-hewan yang melalui jalur udara akan sering di razia untuk mencegah penyebaran penyakit hewan.
Demikianlah beberapa hal mengenai permasalahan dalam melakukan pengiriman DOC melalui jalur udara (pesawat), yang harus diketahui dan dipersiapkan oleh Breeder untuk memulai membangun peternakan anak ayam dan juga  mudah-mudahan permasalahan ini dapat menjadi prioritas yang diberikan bantuan dan solusi dari para petinggi pemerintahan dibidang peternakan.

Post a Comment

Silahkan komentar disini.

 
Top